- Srategic CRM; Merupakan tipe CRM yang berfokus terhadap data-data pelanggan untuk kebutuhan informasi dan pengetahuan (knowledge). Tipe ini fokus utamanya adalah mengumpulkan data-data mengenai pelanggan, melakukan segregasi data serta mengolah data-data menjadi informasi, sehingga memperoleh pengetahuan mendalam mengenai pelanggan dan tren pasar.
- Operational CRM; Merupakan tipe CRM yang fokus kepada proses-proses operasional yang melibatkan pelanggan, meliputi: pemasaran produk dan layanan (marketing), penjualan produk dan layanan (sales), dan layanan yang diberikan kepada pelanggan (service).
- Analytical CRM; Merupakan tipe CRM yqang berfokus untuk kebutuhan analisis dta-data pelanggan dan data-data internal perusahaan yang terkait dengan pelanggan dan transaksi. CRM tipe ini lebih dikhususkan untuk pengguna di level atas pada perusahaan.
- Collaborative CRM; Merupakan tipe CRM yang fokus kepada pemanfaatan perangkat lunak komputer (software) untuk meningkatkan optimalisasi pelayanan kepada pelanggan dan pencapaian tujuan bisnis perusahaan. Karakteristik utamanya yaitu adanya pemanfaatan software dan adanya hubungan dengan analytical CRM pada bagian Back Office System dan Operational CRM pada bagian front Office System. Salah satu tujuan dari perusahaan jika menggunakan tipe ini yaitu dapat meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan.
Tujuan Bisnis; Tentukan apakah fokusnya pada penjualan, layanan pelanggan, atau pemasaran.
Kemampuan CRM; Perhatikan fitur penjualan, pemasaran, dan layanan pelanggan yang ditawarkan.
Kemampuan Ekstensi; Pastikan CRM dapat berkembang bersama bisnis kita seiring berjalannya waktu.
Kebiasaan; Pilih CRM yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan proses bisnis kita.
Aksesibilitas; Tentukan apakah Perusahaan memerlukan solusi berbasis cloud atau lokal, serta akses seluler.
Kemudahan Pengguna; Pilih CRM dengan antarmuka intuitif untuk kemudahan penggunaan.
Analisis dan Pelaporan; Pastikan CRM menyediakan analisis data yang relevan dan pelaporan yang mudah diakses.
Dukungan dan Pembaruan; Pertimbangkan tingkat dukungan pelanggan dan frekuensi pembaruan dan peningkatan fitur.
Total biaya kepemilikan; Hitung total biaya, termasuk perizinan, pelatihan, dukungan, dan pemeliharaan jangka panjang.
Ulasan Pengguna; Baca ulasan dan pengalaman pengguna lainnya untuk mendapatkan pandangan objektif tentang CRM yang sedang ditinjau.
- Strategic
- Pemahaman mendalam tentang Pelanggan
- Meningkatkan Loyalitas Pelanggan
- Optimasi Strategi Pemasaran
- Keputusan Strategis berdasarkan data
- Meningkatkan Efisiensi Operasional
- Operational
- Meningkatan Efisiensi Penjualan
- Meningkatkan Pelayanan Pelanggan
- Personalisasi Interaksi
- Manajemen waktu pengiriman
- Meningkatkan Kolaborasi Tim
- Analytical
- Pemahaman yang dalam tentang Pelanggan
- Pesonalisasi Lebih Baik
- Meningkatkan Loyalitas Pelanggan
- Manajemen Penjualan
- Analisis Pesaing
- Collaborative
- Meningkatkan Kolaborasi Tim
- Pemecahan masalah yang cepat
- Meningkatkan Produktivitas
- Menyatukan tujuan Bisnis
- Analisis Pelanggan yang Mendalam
- Strategic
- Operational
- Analytical
- Collaborative
Perusahaan yang berfokus pada inovasi produk dapat menggunakan tipe ini untuk mengumpulkan umpan balik pelanggan dan memfasilitasi kolaborasi dengan pelanggan selama fase pengembangan produk. Hal ini membantu perusahaan menghasilkan produk yang lebih memenuhi keinginan pasar dan kebutuhan pelanggan.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar