Minggu, 24 September 2023

Pengenalan CRM

 CUSTOMER RELATIONSHIP  MANAGEMENT (CRM)



https://images.app.goo.gl/tgbaN2ipgbPHssT26


DEFINISI CRM

CRM (Customer Relationship Management) merupakan suatu strategi perusahaan yang digunakan untuk membantu menarik prospek penjualan, mengkonfersi mereka menjadi pelanggan dan mempertahankan pelanggan agar tidak berpaling kepada pesaing.

CRM melibatkan penggunaan berbagai alat dan teknologi, seperti perangkat lunak CRM, untuk mengotomatisasi proses bisnis terkait pelanggan, memantau interaksi pelanggan, dan memungkinkan tim penjualan dan pelayanan pelanggan untuk bekerja lebih efisien.

Definisi CRM menurut para ahli :
  1. Menurut Kalakota dan Robinson 2001, CRM didefinisikan sebagai integrasi dari strategi penjualan, pemasaran, dan pelayanan yang terkoordinasi.
  2. Menurut Laudon dan Traver 2002, CRM menyimpan informasi pelanggan dan merekam seluruh kontak yang terjadi antara pelanggan dan perusahaan, serta membuat profil pelanggan untuk staf perusahaan yang memerlukan informasi tentang pelanggan tersebut.
  3. Menurut Kotler 2003 , CRM mendukung suatu perusahaan untuk menyediakan pelayanan kepada pelanggan secara real time dan menjalin hubungan dengan tiap pelanggan melalui penggunaan informasi tentang pelanggan.
  4. Menurut Barton J. Goldenberg, CRM adalah pendekatan terintegrasi untuk mengelola interaksi dan hubungan dengan pelanggan, sehingga perusahaan dapat memaksimalkan kepuasan pelanggan dan mencapai tujuan bisnisnya.
  5. Menurut Martha Rogers dan Don Peppers, CRM adalah upaya untuk membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan yang menghasilkan kepercayaan, loyalitas, dan pengembalian investasi yang tinggi.

5 MANFAAT CRM
  1. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan
  2. Peningkatan Penjualan dan Pendapatan
  3. Loyalitas Pelanggan yang Lebih Tinggi
  4. Peningkatan Komunikasi
  5. Pengukuran Kinerja yang Lebih Baik
KELEBIHAN CRM
  1. Penanganan Keluhan yang Lebih Cepat
  2. Komunikasi yang Lebih Relevan
  3. Manajemen Jadwal yang Lebih Baik
  4. Penawaran Lebih Personal
  5. Program Loyalty yang Lebih Efektif
KEKURANGAN CRM
  1. Biaya dan Kompleksitas
  2. Kelebihan Informasi
  3. Ketergantungan pada Perusahaan
  4. Keterbatasan Personalisasi
  5. Overpersonalisasi
3 CONTOH APLIKASI CRM
  1. Freshworks, solusi favorit kami untuk bisnis kecil karena ini menyelamatkan dari kerumitan beralih antar platform. Semua Aplikasi Anda sekarang dapat ditemukan di satu tempat.
  2. Salesforce, sebagai salah satu yang terbaik karena kemampuannya untuk memengaruhi berbagai aspek bisnis, termasuk pemasaran, penjualan, dan bahkan departemen TI. 
  3. Bitrix24, memberikan semua yang dibutuhkan dalam satu paket, memungkinkan untuk menjalankan hampir setiap aspek perusahaan, dengan manfaat penting menggabungkan semua komunikasi masuk dan keluar ke dalam satu tempat untuk organisasi bisnis yang lebih baik.
SUMBER 

https://journal.budiluhur.ac.id/index.php/ema/article/view/284
http://ejurnal.stiedharmaputra-smg.ac.id/index.php/DE/article/view/161

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengenalan 4 Tipe CRM

4 TIPE CRM Srategic CRM ; Merupakan tipe CRM yang berfokus terhadap data-data pelanggan untuk kebutuhan informasi dan pengetahuan (knowledg...